Hosting Murah Domain Murah
FREE FAST ONLINE TV

Cara Instal Tema , Game , Aplikasi APK Di Android

Posted by Unknown 1 komentar
APKInstaller 3 Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android
Cara Instal Tema , Game , Aplikasi APK Di Android – Seperti Samsung Galaxy Young , Galaxy Mini dan handphone Android lain nya,Pasti sudah tersedia Game Gratis ataupun Tema Gratis,namun belum banyak yang tau cara menginstal aplikasi Android yang berwujud format APK maka saya tanyakan ke mbah Google dan akhirnya ditemukan juga. Sumbernya saya dapat dari link ini http://www.talkandroid.com/guides/install-apk-files-on-android/. Mungkin belum saya coba langsung (emang karena saya belum punya hpnya nyahaha), klo ada pembaca yang sudah/akan mencobanya monggo mas/mbak disharing pengalamannya.


Sebagai pengetahuan tambahan, APK adalah jenis format file aplikasi yang digunakan untuk diinstal pada telepon seluler bersistem operasi Android. Seperti halnya pada telepon seluler berbasis MIDlet, kalau ingin menginstal aplikasi maka yang dicari adalah file JAR. Jadi, kalau mau instal aplikasi di ponsel Android yang dicari adalah file APK.

Kembali ke topik pembahasan, ada 4 cara mengintal file APK ke dalam ponsel Android di dalam postingan ini, yaitu melalui Android Market, melalui Android SDK (Software Development Kit), melalui aplikasi APKInstaller dan melalui aplikasi ASTRO File Manager. Berikut cara instalnya.

Cara Instal Aplikasi Android melalui Android Market

Android Market adalah sebuah situs yang dikelola secara resmi oleh perusahaan Google sendiri yang menawarkan banyak aplikasi untuk ponsel Android. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Fungsi Android Market ini sama dengan iPhone App Store yang dimiliki oleh Mac dan Ovi Store ang dimiliki oleh Nokia. Berikut ini cara instalnya :
  1. Salin file APK ke dalam kartu memori ponsel Android dan masukkan kartu memori tersebut ke dalam ponsel.
  2. Unduh dan instal aplikasi Apps Installer di Android Market.
  3. Setelah diinstal, aplikasi Apps Installer akan menampilkan beberapa file APK yang ada di dalam kartu memori.
  4. Klik file APK yang ingin diinstal. Selesai.

Cara Instal Aplikasi Android melalui Android SDK

Kalau cara di atas aplikasi yang ingin diinstal harus yang ada di Android Market, pertanyaannya bagaimana jika saya dapat file APK dari situs/forum lain yang memang menyediakan file APK untuk diunduh? Jawabannya…ya lewat Android SDK. Sayangnya cara ini gak semudah dengan cara pertama tapi juga gak terlalu sulit kok, maka perhatikan dengan baik langkah-langkahnya yah.
  1. Unduh dan instal program Android SDK dan Android USB Driver pada komputer. Android SDK bisa diunduh di http://developer.android.com/sdk/index.html dan Android USB Driver di http://developer.android.com/sdk/win-usb.html.
  2. Ubah settingan pada ponsel Android untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber daya lain. Pada menu “Setting” di ponsel Android pilih “Application Settings” dan aktifkan “Unknown Sources”. Lalu pada menu “Setting” pilih “SD Card” dan “Phone Storage” serta aktifkan “Disable Use for USB Storage”.
  3. Langkah terakhir, buka Command Prompt Windows dan ketikkan “adb install <1>/<2>.apk”.
  4. Ganti <1> dengan path yang menuju ke file APK tersimpan dan ganti <2> dengan nama file APK, sebagai contoh adb install c:workspacemusicplayerbinmusicplayer.apk.
  5. Selesai, sekarang aplikasi sudah terpasang pada ponsel Android dan siap digunakan.

Cara Instal Aplikasi Android melalui Aplikasi APK Installer

(thanks a lot to mas Yosi)
Cara ini sedikit mirip dengan cara instal aplikasi Android melalui Android SDK bedanya cara ini lebih mudah karena lebih sederhana dan tidak perlu melakukan setting pada ponsel. Dengan aplikasi APKInstaller ini, pengguna dapat menginstal file APK yang ada di komputer ke ponsel Android hanya dengan mengklik 2x file APK tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara instalasinya :
  1. Unduh aplikasi APKInstaller di http://handheld.softpedia.com/get/Desktop-and-Shell/Windows/APKInstaller-82955.shtml dan instal dengan cara klik file bernama “install.bat”.
  2. Setelah diinstal, colokkan ponsel Android ke komputer.
  3. Klik 2x file APK yang ada di komputer yang ingin diinstal ke ponsel Android.
APKInstaller 1 Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android
  1. Ikuti instruksi yang muncul untuk instalasinya.
APKInstaller 2 Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android
APKInstaller 3 Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android
Kalau ada yang salah mohon dikoreksi yah mas/mbak karena saya belum mencobanya secara langsung.

(updated 29 Juli 2011)
Jika ingin instal APK tapi terkendala tidak ada kabel USB, bisa gunakan cara lain seperti memindahkan APK lewat kartu memori, memindahkan APK lewat bluetooth, memindahkan APK lewat adhoc wifi yang dibuat dari PC, menggunakan Dropbox, mengirim APK ke email lalu buka email untuk download APK atau menggunakan cara apapun agar file APK itu bisa pindah ke Hp Android. Yang terpenting sebelum ingin diinstal, aktifkan dulu/kasih ceklis pada “Unknown Sources” yang bisa di atur di Menu -> Setting -> Application.
Unknown%20Sources Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android

Cara Instal Aplikasi Android melalui Astro File Manager

Aslinya Android tidak disertai dengan metode browsing data yang ada di kartu SD, sehingga diperlukan untuk menginstal file manager dari market. Ada banyak jenis aplikasi file manager di sana, tapi kalau saya lebih suka dengan aplikasi file manager yang bernama ASTRO File Manager.
Astro%20File%20Manager Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android
Kalau belum punya, lebih baik anda instal dulu ASTRO File Manager ini. Jika anda sudah ada, cari file APK yang tersimpan di kartu memori dengan menggunakan ASTRO File Manager. Jika sudah ketemu, klik APK tersebut maka akan muncul kotak dialog seperti ini.
Instal%20APK%20Lewat%20ASTRO%20File%20Manager Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android
Lalu pilih yang Open App Manager. Setelah itu pilih Install trus Install lagi.
Instal%20APK Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android
Instal%20APK%202 Cara Menginstal File APK Pada Telepon Seluler Android