Membantu anak mengerjakan PR.
Membantu anak mengerjakan PR. (sumber: Visualphotos)
Ciptakan area dan waktu belajar khusus, hilangkan gangguan, dan hal-hal lainnya.

Tak sedikit orangtua yang kebingungan dalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dari guru di sekolah. Ada beberapa kunci dalam upaya membantu anak mengerjakan PR yang perlu diketahui orangtua agar aktivitas bersama itu lebih mudah.

Berikut ini tipsnya:

1. Ciptakan area khusus
Anak-anak butuh tempat yang nyaman untuk mengerjakan PR-nya. Ciptakan area dengan menyiapkan meja khusus, lengkap dengan lampu berpencahayaan baik, termasuk peralatan yang dibutuhkan, seperti kertas, pensil, lem, dan gunting. Pastikan ruangannya cukup lapang agar ia tak merasa seperti tertekan karena ruang terlalu sempit. Bila memungkinkan, dedikasikan area ini untuk mengerjakan PR saja, bukan untuk hal lain.

2. Waktu belajar
Langkah selanjutnya untuk membantu anak mengerjakan PR adalah dengan menyiapkan waktu untuk PR dan belajar. Siapkan waktu yang konsisten. Cari waktu yang paling baik untuk si kecil dan keluarga. Misal, di sore hari, setelah si kecil pulang dari sekolah, sudah istirahat, bermain, makan makanan ringan, dan mandi. Beberapa anak-anak memilih waktu untuk mengerjakan PR usai makan malam, saat orangtuanya membereskan peralatan makan setelah makan malam.

3. Hilangkan gangguan
Televisi, musik keras, telepon, bel pintu, dan hal-hal mengganggu lainnya bisa membuat si kecil susah berfokus dalam mengerjakan PR. Minimalkan gangguan-gangguan yang tak dibutuhkan itu. Karena itu, pemilihan lokasi akan sangat penting untuk meminimalkan gangguan.

4. Tetap terinformasi
Minta anak untuk selalu mengabari Anda tentang PR-nya. Cari tahu pula tentang pelajaran yang ia pelajari. Catat di kalender khusus mengenai tugas-tugas khusus dan tes. Semakin banyak yang Anda ketahui apa yang sedang ia pelajari dan harus hadapi, lebih mudah untuk Anda membantu mengerjakannya. Bila anak Anda sudah cukup besar, coba kenalkan ia dengan agenda untuk pelajar.

5. Jangan pernah lakukan PR mereka
Bukan hal baru, banyak orangtua yang melakukan PR anaknya. Pastikan Anda membantu anak mengerjakan PR dan mengatasi masalah yang ia hadapi. Bimbing mereka mengerjakan PR, jangan kerjakan untuk mereka. Perhatikan, apakah si anak tahu langkah berikut dari tugas yang ia hadapi. Akan ada hambatan atau keengganan untuk mengerjakan PR di topik-topik yang tak ia sukai, kemungkinan besar pun ia akan terlihat frustasi. Namun, bila Anda mengerjakan PR-nya, ia tak akan belajar. Lagipula, judulnya kan pekerjaan rumah untuk siswa, bukan orangtuanya.

6. Tawarkan pujian
Salah satu cara untuk membantu anak-anak mengerjakan PR-nya adalah untuk memuji hasil kerja kerasnya. Rayakan tes sulit yang berhasil ia selesaikan dengan nilai tinggi dengan menu makan malam kesukaannya. Biarkan anak mendengar Anda memujinya kepada teman atau keluarga. Nenek biasanya suka mendengar prestasi cucunya, anak pun akan merasa tersanjung mendengar dirinya dipuji, terutama oleh orangtuanya, tentu hal ini akan menjadi pemacu semangatnya.

7. Minta bantuan
Bila Anda melihat tugas yang dikerjakan si kecil makin sulit dan waktu belajar terasa berat untuknya, cobalah cari bantuan orang luar. Bicara dengan gurunya di waktu-waktu tertentu atau sewa jasa pengajar khusus. Tentu lakukan hal ini dengan kesepakatan dengan anak.

Bagaimana dengan Anda? Punya tips lain untuk membantu anak mengerjakan PR?