FREE FAST ONLINE TV

Informasi Singkat Tentang Jantung

Posted by Sudirman Abdullah Dekman 2 komentar

.:Media Cyber:. - Sedikit penjelasan sebagai awal dari apa yang akan saya jelaskan tentang Penyakit Jantung, sekilas ada baik nya saya cantumkan apa saya yang menjadi acuan pokok dari artikel kali ini, antara lain sebagai berikut :
pemula.info
A. Jantung
B. Struktur Internal Jantung
C. Penyakit Jantung
D. Penanggulangan


A. Jantung
Jantung merupakan rongga/organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi yang berirama yang dilakukan berulang-ulang. Istilah kata kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

B. Struktur Internal Jantung
Secara internal, jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi dua belah bagian, dari atas ke bawah, menjadi dua pompa. Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung. Belahan ini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung. Maka dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan & serambi kiri | bilik kanan & bilik kiri.


C. Penyakit Jantung:
Umumnya Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain:

Otot jantung yang lemah. Ini adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah membuat penderita tak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan, karena bila dipaksakan kinerja jantung yang berlebihan akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan memungkinkan tubuh dapat menjadi nampak pucat atau kebiru-biruan.

Ada pun disebabkan oleh kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen saat terjadi sirkulasi darah ke jantung yag mengakibatkan fungsi jantung yang kian terganggu.

Adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, oleh karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan,yang disebabkan darah bersih dan darah kotor bercampur. Penyakit ini juga membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas yang berat, penderita tidak di anjurkan untuk melakukan aktifitas yang berlebihan walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit ini, yakni penderitanya benar-benar hanya memiliki satu buah serambi.

D. Penanggulangan

Pada dasar sesuatu penyakit di akibat oleh sebab kita sendiri, namun terkadang kita tanpa menyadari akan hal-hal yang memang sepele atau mengacuhkan nya, dengan menerapakan beberapa hal yang mungkin mesti mengeluarkan biaya atau tanpa pengorbanan sesuatu yang berarati, dengan mencoba untuk hidup sehat anatara lain :
  • Bangun lebih pagi
  • Perbanyak konsumsi air putih/air mineral
  • Tidak sering tidur terlalu larut malam
  • Menghindari rokok dan minuman beralkohol
  • Pola makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna)
  • Olah raga yang teratur (tidak berlebihan)
  • Dan lain-lain.
Namun, ada beberapa zat yang dipercaya mampu memperkecil atau memperbesar risiko penyakit dan serangan jantung, di antara lain:

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa zat allicin di dalam bawang putih ternyata dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa oleh khasiat zat allicin, ketegangan pembuluh darah berkurang 72%. Namun beberapa peneliti lain ada juga yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara bawang putih dengan kesehatan jantung. Dalam studi yang dilakukan pada 90% perokok berbadan gemuk, para peneliti Eropa mendapati bahwa tambahan bubuk bawang putih selama 3 bulan tidak memperlihatkan perubahan dalam kadar kolesterol mereka atau beberapa tanda lain risiko penyakit jantung.

Studi membuktikan bahwa mengurangi merokok tidak mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk benar-benar mengurangi risiko penyakit jantung, seseorang harus benar-benar berhenti merokok.

Penemuan yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology mengungkapkan konsumsi suplemen Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan, mengurangi konsumsi garam dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah. Pada percobaan diet rendah garam menunjukkan risiko penyakit jantung hingga 25% dan risiko serangan jantung hingga 20%.

Konsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti Salmon, Tomat, Minyak Zaitun, Gandum, Almond, dan Apel, Habatussauda dan obat alamiah lainnya.

"Jagalah tubuh anda sebagaimana anda menikmati hidup ini, Karena esok yang baik dan indah tetap menjadi milik anda"

Sekian yang dapat kami jabarkan atau kami tuliskan untuk awal dari apa yang mungkin bermanfaat untuk para pembaca dari Media Cyber

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Jantung