Hosting Murah Domain Murah
FREE FAST ONLINE TV

Kamera Mirrorles Tetap Laris Di Pasaran

Posted by Unknown 2 komentar
http://www.pemula.info/

.: Media - Cyber :. - Popularitas smartphone berdampak buruk pada penjualan kamera digital secara keseluruhan yang turun 14 persen dari tahun 2011 ke 2012, menurut data dari lembaga riset GFK yang dikutip oleh Panasonic.
Akan tetapi, masih menurut data yang sama, yang menjadi "korban" dari popularitas smartphone hanyalan kategori kamera saku. Kamera sistem (dengan interchangeable lens dan aksesori) khususnya dari kategori"mirrorless" justru mencatat kenaikan penjualan.
"Kuncinya adalah memberikan kelebihan-kelebihan yang tak bisa diperoleh dari smartphone," terang Global DSC Division Director Panasonic Corporation Ichiro Kitao, menjelaskan kiat perusahaannya menjual seri kamera mirrorless Lumix.
Berbicara dalam Panasonic Imaging Seminar 2013 di Bali, Senin (13/5/2013), Kitao mengatakan bahwa salah satu kelebihan kamera digital mirrorless dibanding smartphone adalah kualitas hasil foto yang jauh lebih bagus. Ini lantaran kualitas sensor dan lensa yang dimiliki juga lebih baik.
Kualitas foto prima juga dimiliki kamera sistem tradisional (DSLR), akan tetapi menurut Panasonic kamera jenis mirrorless mempunyai dua keunggulan lain, yaitu mudah digunakan serta relatif kecil dan ringan sehingga masih gampang dibawa-bawa.
Hal yang turut mendorong popularitas mirrorless, lanjut Kitao, adalah semakin bertambahnya jumlah konsumen yang "serius" menyukai fotografi. Permintaan akan kamera jenis ini pun melebar dari kategori konsumen"enthusiast" sehingga turut mencakup kalangan pemula.
Kendati demikian, Kitao mengakui bahwa menyebar luasnya smartphone turut membawa perubahan dalam pola penggunaan kamera oleh konsumen. Sekarang, misalnya, ada kebutuhan untuk meng- upload foto ke berbagai jejaring sosial, semacam Facebook dan Instagram.
Maka Panasonic pun bergerak menyesuaikan diri. Salah satu upayanya bisa dilihat pada tiga produk kamera terbaru Lumix G6, GF6, dan LF1 yang dilengkapi dengan kapabilitas WiFi sehingga bisa dikendalikan lewat smartphone atau tablet Android.
Foto pun bisa ditransfer langsung dari kamera ke perangkat-perangkat pintar tersebut untuk kemudian diunggah ke berbagai jejaring sosial.
Ke depan, Kitao menyatakan pihaknya bakal mengandalkan kamera mirrorless untuk merengkuh pengguna-pengguna baru."Kami akan menawarkan kelebihan-kelebihan yang takbisa ditemukan pada smartphone, menggugah para pemilik kamera saku agar melakukan upgrade , serta menarik pengguna DSLR supaya membeli kamera kedua."
Penulis: Oik Yusuf